Laman

Selasa, 11 Juni 2013

Mazzarri mengenai transfer, investor, pra-musim, pemain muda, Kovacic dan Cassano

"Saat berurusan dengan kesepakatan transfer saya percaya orang harus tetap pada pekerjaan mereka. Saya telah memberikan pendapat saya kepada Branca, Ausilio dan sang presiden"

APPIANO GENTILE – Konferensi pers Walter Mazzarri berlanjut dengan lebih banyak pertanyaan dari para reporter mengenai cakupan topik yang luas.

Anda bilang anda ingin menilai para pemain dan meihat bagaimana mereka bereaksi terhadap beban kerja dalam dua pekan pertama pemusatan latihan, kemudian mungkin meminta penambahan kekuatan kepada klub. Tidakkah anda berisiko tak akan memiliki skuat akhir hingga saat-saat terakhir?

"Saya akan memulai dengan menjelaskan sesuatu karena kalian akan selalu menanyakan pertanyaan seperti ini dan saya harus menghentikan kalian. Sejauh urusan transfer saya percaya pada tugas masing-masing. Saya telah memberikan pandangan saya kepada Branca, Ausilio dan sang presiden. Mereka tahu pasti apa yang dikatakan. Mengembalikan tugas masing-masing, bukan urusan pelatih untuk berbicara tentang transfer. Jika kalian kenal saya cukup lama, kalian akan tahu hal yang sama juga berlaku di Napoli. Saya menjelaskan apa yang ada dalam benak saya kemudian terserah klub untuk mengambil keputusan mengenai pasar transfer. Mengenai skuat ini, benar bahwa saya ingin 22 pemain dalam pra-musim, dua untuk setiap posisi, plus empat atau lima pemain muda yang bisa bertahan selama latihan saat yang lain cedera atau lelah. Saya belum bekerja bersama tim ini, tapi saya yakin bahwa banyak pemain yang memulai pra-musim bersama kami akan bertahan di Inter. Aakan ada cukup pemain untuk bisa bekerja dengan cara yang kita inginkan dan memulai dengan langkah yang benar."

Sudahkah anda berbicara dengan sang presiden mengenai kemungkinan datangnya para investor?
"Saya akan ulangi apa yang telah dikatakan sang presiden: jika hal itu akan bagus buat Inter sebagai sebuah klub, maka dengan berbagai cara. Itu yang ia katakan. Kami hanya menginginkan apa yang terjadi merupakan hal yang positif buat masa depan klub ini. Saya tak pelru menambahkan apa-apa."

Apa rencana anda untuk para pemain muda yang telah membuat debut di tim utama dan mereka yang kembali dari masa pinjaman?
"Saya akan mempertimbangkan mereka dengan sangat hati-hati, Akademi yunior harus menjadi masa depan dan, mengingat kami berada di era Financial Fair Play, itu juga menjadi sumber daya setiap klub. Saya sudah membuat sejumlah pertimbangan awal bersama Piero Ausilio. Saya pikir tim Primavera dan tim-tim yunior lainnya akan berusaha bermain dengan formasi yang sama dengan tim inti sehingga akan lebih mudah bagi mereka untuk naik. Saya akan mempertimbangkan segalanya dengan sangat hati-hati tapi kita semua tahu bahwa Roma tak dibangun dalam sehari. Seiring berjalannya waktu saya akan berusaha untuk mempercepat segalanya yang bisa berguna untuk masa depan Inter."

Bisakah anda menjelaskan kenapa anda ingin memperpanjang pemusatan latihan di Pinzolo?
"Semuanya bergantung pada etos kerja seperti yang saya katakan sebelumnya, dan menyampaikan pesan tepat sasaran. Dua pekan latiha dengan dua sesi per hari. Pondrelli dan saya terbiasa bekerja dengan cara tertentu – kami telah memperbaikinya dari tahun ke tahun dan itu membawa kesuksesan sehingga kami tak akan mengubahnya. Klub ini sudah mengatur sejumlah laga persahabatan, kami telah menggilir satu atau dua hal karena kami harus bekerja dengan intensitas sangat tinggi selama minimal 14-15 hari agar para pemain bisa membangun daya tahan. Kami ingin memulai musim ini dengan cara tertentu dan kemudian secara kebugaran kami akan melanjutkan dengan cara tertentu."

Mateo Kovacic bermain sangat baik dalam enam bulan pertamanya di Inter. Apa pendapat anda tentang dia?
"Saya memilih untuk tak bebricara terlalu banyak hingga saya benar-benar melatih para pemain. Tapi, ia jelas menjanjikan. Saya tak kenal dia tapi saya pernah bermain melawannya sehingga saya bisa melihat ia pemain yang menjanjikan. Ia berbakat tapi juga masih muda. Saya akan bisa mengatakan lebih banyak lagi begitu saya menghabiskan waktu sebulan atau lebih bersamanya."

Anda mungkin sudah tahu banyak fans akan membandingkan anda dengan José Mourinho. Apakah itu hal yang bagus atau itu menjadi tekanan buat anda?
"Saya tak pernah membuat perbandingan. Seorang pelatih itu seperti seniman, masing-masing berbeda dan memiliki kepribadian sendiri sehingga kita tak bisa membandingkan mereka. Setiap pelatih menjadi dirinya sendiri. Dari sudut pandang saya, saya selalu berharap yang terbaik belum muncul. Jika saya pergi ke satu tempat, saya membawa antusiasme saya.Saya berusaha menciptakan sesuatu yang penting, meninggalkan tanda saya, dan saya juga berharap melakukannya di Inter. Itu tentang diri saya. Kemudian jika anda ingin berbicara tentang Mourinho, ia seorang juara, saya tak punya masalah dengan itu. Saat dua pelatih yang keduanya ingin menang menjadi lawan, kita mungkin bisa bertaruh, tapi bagi saya sendiri itu tak mengubah rasa hormat kita satu sama lain."

Anda pernah menghadapi Inter sebagai lawan musim lalu. Apa yang menurut anda harus ditingkatkan menjelang musim depan?
"Saya akan bilang kami harus memperbaiki kepercayaan diri para pemain. Seperti yang sudah saya bilang, saat kita mendapat banyak hal negatif – dengan cedera dan serangkaian hal lainnya dan kemudian musim yang berakhir menurun – orang yang mengalaminya mungkin akan masih merasakan dampaknya. Selain bekerja keras, yang sudah saya jelaskan sebelumnya, kami harus yang pertama mengejar bola. Kami harus merampungkan sebuah program kebugaran yang menyeluruh, berlari sebanyak mungkin dan lebih daripada yang lain dan berusaha untuk menciptakan situasi yang melindungi para pemain dan membuat mereka merasa yakin agar mereka menemukan kembali kepercayaan diri yang mungkin sedikit anjlok lantaran serangkaian hasil yang Inter tak terbiasa mendapatkannya."

Menurut anda berapa lama periode minimal untuk bisa menyebut sebuah proyek sebagai sebuah siklus?
"Orang cenderung menggunakan kata-kata itu tapi saya tak berpikir semua itu cocok buat sepakbola. Sejak saya memulai sebagai pelatih, saya selalu menganggap pertandingan berikutnya kemungkinan menjadi penyebab saya dipecat. Saya telah melakukan ini selama 12 tahun, kita harus berusaha untuk meyakinkan orang dengan meraih beberapa hasil. Kemudian, begitu kita melangkah dengan kaki yang benar, proyek itu bisa mulai berjalan. Kita bisa meningkatan apa yang sudah kita lakukan. Kita bisa menciptakan berbagai hal. Tapi, dalam sepakbola penting untuk memulai dengan keyakinan tertentu, juga karena kalian tak memberi kami banyak waktu. Saat saya mengambil alih Napoli mereka berada keenam dari dasar klasemen, dan dengan para pemain yang sama kami nyaris lolos ke Liga Champions dan akhirnya lolos ke Liga Europa. Setelah itu, pelatih Mazzarri ini, telah meraih kredibilitas dan respek, diberi sedikit kredit dan ia bisa membangun dengan dasar itu selama tiga tahun berikutnya yang fantastis. Saya memulai dengan kaki yang benar: lima belas pertandingan tanpa kekalahan saat saya tiba saat baru tujuh pertandingan. Cara saya melihat segal sesuatunya, dengan semua risiko dan bahaya dari dunia tempat kita bekerja, kita harus langsung menaruh cap kita, meyakinkan para pemain sejak hari pertama bahawa ide kita benar dan itu harus dijalankan dengan sebaik mungkin."

Salah satu hal tentang tim-tim asuhan anda adalah mereka selalu terlihat memiliki jiwa. Bagaimana anda mengkreasi ulang semua itu di Inter? dan satu pertanyaan lagi. Anda pernah melatih Antonio Cassano sebelumnya. Pemain seperti apa yang anda ingin darinya sekarang? 
"Saya memiliki hubungan yang sangat baik dengan semua pemain yang pernah saya latih. Kita melihat apa yang terjadi musim lalu saat kami bermain melawan Inter di sini dan kalah.Setelah lima menit dan saat Inter unggul ada lemparan ke dalam dan Cassano datang ke bangku cadangan dan mengatakan halo kepada saya. Saya pikir itu jawabannya untuk anda.

"Jiwa dari sebuah tim adalah saat mereka mempercayai gagasan bahwa tim selalu yang utama, di atas kepentingan pribadi. Kita tahu betul bahwa dalam sepakbola satu-satunya orang yang hidup dengan kesuksesan adalah sang pelatih. Para pemain juga bisa menghidupkan tim tapi pada akhirnya mereka tetap individu. Seorang pemain bisa bermain brilian dan mencetak hat-trick tapi kemudian Inter kalah 4-3: ia selamat tapi timnya kalah dan sang pelatih dan klub yang jadi sasaran. Penting menyampaikan pesan tepat sasaran di sini, dimulai hari ini, setiap orang harus berpikir tentang Inter, tim ini, dan kepentingan pribadi baru datang setelahnya. Itu pikiran pertama yang harus dijalankan dan diterapkan, setelah itu semuanya akan mudah. Jika kita tak bisa melakukan itu kita bisa tergelincir ke musim negatif lainnya, dan saya dibawa ke sini untuk secara khusus memastikan itu tak terjadi."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon Mencantumkan Nama... :)