Laman

Rabu, 05 September 2012

Branca kepada SS24: "Transfer, sebuah masalah pemilihan waktu"


APPIANO GENTILE - inter.it menyajikan kepada anda bagian ke-2 dari wawancara esksklusif yang diberikan Marco Branca, direktur teknik Nerazzurri, kepada Andrea Paventi dari Sky Sport 24.

Andrea Ranocchia tampaknya menjadi bek yang menunjukkan penampilan paling positif sejauh ini musim ini. Apakah sempat ada kemungkinan ia dijual musim panas ini?

"Ada dua cara untuk menjawab pertanyaan ini: langsung mengatakan 'tidak’ atau menjelaskan dengan lebih baik. Tak pernah ada kebenaran dalam cerita itu dan Andrea selalu menjadi yang pertama yang mengaku bahwa ia tak bermain seperti yang seharusnya musim lalu. Kami tak pernah punya keinginan terkecil untuk menjualnya karena saat kita membuat keputusan mengenai pemain seperti ini kita harus yakin akan nilainya. Dan kemudian jika sesuatu tak berjalan dengan benar dan mempengaruhi kemampuannya untuk tampil bagus, maka kita harus memiliki kerendahan hati untuk memahami kenapa. Kami selalu memiliki kerendahan hati ini dan untungnya ia juga memilikinya, dan karenanya kita bekerja bersama untuk mengembalikan Andrea pada levelnya yang dulu."

Mari kita berbicara tentang dua transfer yang tak membuahkan hasil; kenapa Lavezzi dan Lucas tak menjadi pemain Inter saat ini? 

"Untuk satu alasan yang sangat sederhana: karena dengan kemampuan kami kami menggulirkan bola lebih awal, terlalu awal, daripada yang lain. Dan jika kami berbicara tentang pemilihan waktu, maka kita harus menyesuaikan diri dengan waktu-waktu di pasar transfer, karena hal pertama yang ingin saya katakana kepada semua yang berkomentar tentang olahraga ini, yang sangat kami cintai, adalah bahwa dari kursi komentator kita harus mempertimbangkan situasi ekonomi secara umum pada saat tertentu. Jadi, kami memulai sebelum yang lain, tapi kami juga menyadari lebih dulu dari yang lain bahwa sejumlah perubahan – dan saya tak ingin menyebutnya penjualan – tak akan sesuai. Klub kami menjual para pemain seperti Maicon dan Julio Cesar yang telah membuat sejarah di sini, dan secara teknis saya yang membeli dan menjual keduanya. Itu bukan sesuatu yang menyenangkan saya tapi semua itu adalah hal-hal yang harus dilakukan, karena pada titik tertentu klub dan para pemain butuh rangsangan dan motivasi yang segar. Meski begitu, tak mungkin untuk membuat keputusan saat itu tanpa kondisi financial tertentu, jadi kami melepas mereka, juga karena tak seorang pun di Italia bisa bersaing pada harga tertentu – hanya empat atau lima klub di dunia yang bisa melakukan itu."

Menurut pendapat anda apakah transfer seperti Fredy Guarin dan Alvaro Pereira tak mendapat pengakuan yang selayaknya? Mungkin mengenai pemain Uruguay itu anda bisa memberi kami beberapa rincian lebih jauh, karena sebelum merampungkan kesepakatan anda praktis menghabiskan waktu dua hari di rumah presiden Porto...

"Saat saya di sana ada tiga tim, dua dari Inggris dan satu dari Jerman, yang praktis menawarkan nilai lebih tinggi daripada kami. Kunci dari operasi ini? Saya menyukai klub saya karena memiliki filosofi tertentu, yang tak mengingat gelar atau hal-hal lainnya, karena anda tak akan mendengar saya berkata saya direktur paling sukses dalam sejarah Inter, atau bahwa kami telah memenangi ini, itu atau hal lain. Ada filosofi yang mempertimbangkan kebaikan tim dengan kejujuran mutlak, secara intelektual dan praktek. Ada transfer yang telah kami lakukan dengan baik, dengan kemungkinan penghematan maksimal dan kami semua yakin bahwa mereka para pemain yang bisa membela kostum kami dengan baik. Mengenai bagaimana transfer itu dilakukan, itu urusan pribadi, tapi saya benar-benar harus berterima kasih – atas atmosfer, tak peduli siapa yang lebih baik – kepada presiden Porto karena kami sudah membuat penghematan lebih jauh lagi pada kesepakatan pertama, tapi mungkin juga karena itu adalah situasi di mana ikatan istimewa terjadi antara dua klub yang juga punya harmoni dalam cara menjalankannya." 

Jika Mario Balotelli dan Mattia Destro menjadi pemain Inter saat ini, apakah mereka akan pergi, mengingat kondisi pasar transfer saat ini? 

"Ini juga masalah pemilihan waktu. Sebagai contoh, Mario pergi setelah memenangi treble dan bahkan saat itu pun kami harus membuka diskusi tentang ekonomi, yang tak hanya berawal satu atau dua tahun lalu tapi mungkin lebih awal. Hanya, di masa lalu, atas nama cinta, gairah dan keterikatan, uang dihabiskan tak seperti seharusnya, seperti yang terjadi di hampir semua klub. Karenanya, dari sebuah perspektif perencanaan kita bisa mempertimbangkannya, tapi kemudian jika dalam momen tertentu itu pasar transfer hanya menawarkan kemungkinan itu untuk meraih uang maka kita harus melakukan pengorbanan kecil. Hal serupa berlaku bagi Destro, yang harus kami jual dalam situasi darurat karena Samuel cedera dan kami butuh investasi dalam sosok pemain muda Italia yang kuat. Ini juga demi masa depan kami dan karenanya, untuk mengurangi biaya, untuk membeli Andrea Ranocchia, kami harus melepas Destro yang merupakan bagian dari tim Primavera kami. Hal-hal seperti ini sangat sederhana."

Bagaimana anda menginterpretasikan pernyataan presiden Moratti kemarin saat ia mengomentari  hat-trick Giampaolo Pazzini dalam debutnya di AC Milan ("Kami jelas tak membuat diri kami terlihat bagus untuk yang satu ini"). 

"Tanpa berpikir saya pikir saya juga mengatakan yang sama tentang kami karena saya percaya saat kita membuat keputusan kita bisa berkomentar tentang itu dalam sehari, yang berarti pada keesokan harinya, tapi kemudian kita harus yakin pada apa yang kita lakukan. Begitu saya mengatakan hal itu merupakan pilihan untuk tim yang dibuat Inter dan AC Milan, saya pikir hal itu harus selesai di situ." 

Apakah Januari nanti akan menjadi bulannya Paulinho? 

"Kami belum membuat keputusan apapun, atau membuat kesepakatan apapun. Kami berusaha untuk melakukan yang terbaik dalam jendela transfer ini. Kini, kami punya banyak pertandingan di hadapan kami dan kami harus mengambil semua sinyal dari semua itu untuk melangkah maju di liga dan Coppa Italia. Setelah itu, sekali lagi kembali kepada masalah pemilihan waktu, kami akan lihat apa yang ada buat kami Januari nanti." 

Apakah ia pemain yang anda tandai atau bidik Januari nanti? 

"Tidak ada lagi penandaan seperti itu sekarang. Kami memilih permainan modern."

Mempertimbangkan bagaimana tim Inter ini dibangun, seberapa jauh tim ini bisa melangkah? Melaju di semua kompetisi? 

"Saat kita menjadi bagian dari Inter kita punya satu kewajiban; untuk berusaha selalu membidik yang puncak. Keinginannya adalah memiliki mentalitas untuk bertarung memperebutkan posisi-posisi tertinggi. Inilah keinginannya, dan kemudian jelas hasil di lapangan yang akan menentukan hal itu." 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon Mencantumkan Nama... :)