Laman

Jumat, 15 Maret 2013

Spurs Singkirkan Inter via Extra Time

Getty Images

Milan - Tottenham Hotspur harus kerja ekstra keras menyingkirkan Inter Milan di babak 16 besar Liga Europa. Setelah melalui 120 menit laga, Spurs yang kalah 1-4 tetap lolos ke perempatfinal usai menang agregat gol tandang 4-4.

Dalam laga leg kedua yang dihelat di Giuseppe Meazza, Jumat (15/3/2013) dinihari WIB, Inter yang defisit tiga gol harus mencari gol sebanyak mungkin demi melaju ke babak selanjutnya. Inter unggul 1-0 di babak pertama lewat Antonio Cassano.

Di babak kedua kemudian Inter menambah dua gol lewat Rodrigo Palacio dan bunuh diri William Gallas. Agregat imbang 3-3 membuat laga dilanjutkan ke 2x15 menit di mana Spurs mencetak gol tandang melalui Emmanuel Adebayor.

Inter menambah gol lagi lewat Ricky Alvarez namun itu tak cukup melajukan Nerazzurri ke babak delapan besar karena mereka kalah aturan gol tandang.

Jalannya Pertandingan

Di menit 17 Inter melakukan protes kepada wasit usai Cassano dijatuhkan di kotak terlarang oleh Gallas dan seharusnya mendapat hadiah penalti. Sayang wasit bergeming pada putusannya untuk tak memberikan penalti.

Inter menjebol jala Spurs di menit 20. Kerjasama Jonathan dan Rodrigo Palacio di sisi kanan membuat Palacio bebas mengirimkan umpan silang ke kotak penalti. Cassano yang berada di tiang jauh tanpa kesulitan menyundul bola ke gawang Brad Friedel. Inter masih tertinggal agregat 1-3 dari tim tamu.

Di menit 26 Palacio nyaris menggandakan keunggulan Inter ketika umpan lambung Cassano berhasil digapainya dan begitu memasuki kotak penalti, Palacio coba me-lob bola dan sukses melewati Friedel. Tapi sayang mistar gawang menggagalkan peluang penyerang asal Argentina itu.

Spurs punya peluang di menit 35 ketika free kick Gylfi Sigurdsson menuju kepala Kyle Walker tapi bola masih melenceng dari sasaran. Di masa injury time Freddy Guarin punya kesempatan menembak ke arah gawang tapi bola masih bisa dihadang Friedel.

Begitu juga dengan peluang emas Emmanuel Adebayor tak lama setelahnya memanfaatkan kesalahan di lini belakang Inter. Adebayor melambungkan bola ke arah gawang tapi sayangnya masih belum bisa menempatkan si kulit bundar di dalam gawang.

Di babak kedua Inter meningkat intensitas serangan demi mencari gol tambahan dan hasilnya didapat di menit 52. Umpan terobosan Esteban Cambiasso berhasil menemui Palacio yang lolos dari jebakan offside dan dengan dingin ia melesakkan bola ke jala Friedel. Inter unggul 2-0 namun masih tertinggal agregat 2-3.

Inter kemudian berhasil menyamakan agregat menjadi 3-3 di menit 74 lewat gol ketiga hasil bunuh diri Gallas. Cassano melepaskan free kick yang membentur pagar betis dan kemudian bola mengarah ke gawang sebelum akhirnya menembus jala Friedel karena menghantam kaki Gallas.

Pada menit 83 Chris Naughton memaksa Samir Handanovic melakukan penyelamatan gemilang ketika menepis bola hasil tembakan jarak jauh bek kiri Spurs tersebut.

Di masa injury time Inter nyaris menambah gol sayang tembakan Cambiasso dari sisi kiri masih menyamping tipis di samping gawang Friedel. Skor 3-0 masih bertahan dan laga dilanjutkan ke perpanjangan waktu 2x15 menit.

Spurs langsung mengambil inisiatif serangan di awal perpanjangan waktu ketika umpan Scott Parker berhasil digapai Aaron Lennon yang kemudian menembak ke gawang tapi bisa ditepis Handanovic. Kemudian Handanovic memblok bola hasil sundulan Jan Vertonghen dari jarak dekat.

Dari sana korner didapat Spurs lalu Gallas menyundul bola namun masih melenceng dari sasaran.

Di menit 96 Spurs mendapat gol tandang ketika Adebayor menyontek bola rebound hasil tembakan Moussa Dembele yang ditepis Handanovic. Skor kini jadi 1-3 masih untuk keunggulan Inter tapi Spurs kembali memimpin agregat 4-3.

Di menit 106 Cassano coba melepaskan tembakan melengkung dari luar kotak penalti tapi masih bisa ditepis Friedel dan amanlah gawang Spurs dari kebobolan.

Alvarez! Di menit 110 Inter mencetak gol keempatnya lewat tandukan Alvarez di tiang jauh menyusul crossing Cassano dari sisi kiri, Spurs masih unggul agregat gol tandang 4-4.

Di menit 118 Andrea Ranocchia tandukannya masih melayang di atas mistar menyusul crossing Cassano. Tak ada lagi gol tercipta dan Spurs berhak melaju ke perempatfinal.

Susunan Pemain

Inter Milan: Handanovic, Jonathan (Ranocchia 108'), Juan, Chivu, Zanetti, Gargano, Kovacic (Benassi 78'), Cambiasso, Guarin (Alvarez 70'), Palacio, Cassano.

Tottenham: Friedel; Walker, Gallas, Vertonghen, Naughton (Caulker 102'); Dembele, Livermore (Lennon 69'), Parker, Sigurdsson; Adebayor, Defoe (Holtby 55')

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon Mencantumkan Nama... :)