Laman

Selasa, 31 Juli 2012

Inilah Rahasia Kekuatan Stamina Zanetti


Getty Images

Bicara soal Javier Zanetti, tak akan lepas dari sederet rekor dan prestasi yang pernah ditorehkan bersama Inter. Sebagai pengoleksi caps terbanyak, pria asal Argentina itu memang sudah menjadi ikon sekaligus legenda bagi La Beneamata.

Musim lalu menjadi tonggak bersejarah bagi karier Zanetti. Dia berhasil melampaui koleksi caps  terbanyak di Inter milik Giuseppe Bergomi, sekaligus mengakhiri perjalanan karier di Timnas Argentina dengan koleksi 145 penampilan.

Musim 2012-13, Zanetti akan genap melalui 17 tahun berseragam Inter. Selain itu, dia juga sudah mengemban jabatan kapten La Beneamata selama 12 tahun, setelah menerima tongkat estafet dari Bergomi.

"Segala rekor sangat istimewa, tapi aku punya dua yang paling favorit," tutur Zanetti kepada Champions Magazine . "Pertama adalah rekor caps bersama Argentina, terlebih di negaraku sangat sulit menembus timnas saking banyaknya pemain bagus. Kedua adalah menjadi kapten Inter selama 12 tahun, dan mengoleksi rekor penampilan. Itu sangat indah, tertama bagi pemain asing."

Zanetti dikenal sebagai pemain dengan daya tahan fisik yang sangat prima. Hampir sepanjang kariernya hingga usia 38 tahun dia sangat jarang didera cedera. Dan soal kualitas stamina itu, dia membeberkan rahasianya.

"Aku memerhatikan fisik dengan serius. Selain itu, keharmonisan di rumah tangga dengan keluarga juga membantuku fokus memikirkan sepak bola. Rahasiaku adalah berlatih dengan porsi lebih, dengan intensitas sama seperti pada pertandingan sesungguhnya," pungkas dia.

Sejak datang dari Banfield pada 1995 silam, Zanetti sudah mengoleksi lima gelar Scudetti, satu trofi Liga Champions dan Piala Dunia Antarklub, serta sederet gelar lainnya. Dan, meski usianya sudah terbilang senja, pemain serbabisa itu masih belum memikirkan kapan akan pensiun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon Mencantumkan Nama... :)