Laman

Kamis, 12 Juli 2012

Wawancara Rai Sport dengan chief exec Marco Fassone


PINZOLO – Managing director FC Internazionale Marco Fassone memberikan wawancara kepada Thomas Villa dari Rai Sport dari pemusatan latihan Inter di Pinzolo.

Bacalah apa yang dikatakan chief executive Nerazzurri kepada inter.it:

Seperti apa atmosfernya dalam pemusatan latihan ini?

"Menurut saya sangat bagus. Saya pernah ke Pinzolo sebelumnya sehingga saya sudah tahu wilayah Trentino dan betapa bagusnya mereka dalam mengelar kamp latihan tingkat satu. Kita hanya perlu melihat klub-klub yang menggelar kamp di sini untuk mengetahui itu. Jadi, dari sisi logistik, sangat bagus. Mengenai mood di dalam kamp, atmosfer dan moral di dalam kelompok, saya melihat semangat yang benar untuk memasuki sebuah musim yang penting seperti yang akan datang ini."

Satu musim yang penting, karena seperti semua orang tahu Inter tengah membuka halaman baru. Beberapa nama besar telah pergi, beberapa lainnya telah bergabung. Apa arti semua itu?

"Itu berarti kami telah mengambil pengalaman musim lalu. Itu berarti meremajakan kembali, yang tak berarti merevolusi atau merampingkan tapi langsung memulihkan kilau yang membuat Inter unggul dalam periode lima tahun dari 2006 hingga 2010; membuat pilihan yang – seperti kata sang presiden – mungkin menyakitkan tapi yang dibuat dengan tujuan menempatkan tim ini kembali ke deretan teratas seperti selayaknya, tak hanya di Italia tapi juga di Eropa."

Barangkali dengan pengalaman yang lebih minim tapi energi dan antusiasme baru...

"Kita harus memiliki kombinasi yang tepat: para pemain top – yang membawa kebanggaan, pengalaman dan kelas – dan para pemain muda yang kebanyakan berasal dari akademi yunior yang telah terbukti berada di antara yang terbaik di Eropa, dan para pemain baru. Campuran dari ketiga hal itu, yang semoga akan sejalan dengan tuntutan olahraga dan finansial klub ini."

Apakah transfer ini merupakan efek akhir dari sebuah proyek baru? Ke arah mana Inter tengah bergerak?

"Tidak, saya pikir semua itu efek awal. Mulai sekarang kita semua bisa lihat adalah pertanda awal dari sebuah proyek yang di satu sisi - dan ini yang aspek yang paling terlihat dalam fase awal ini – harus memperhatikan biaya; di sisi lain - dan saya pikir ini bukan hanya masalah Inter tapi sepakbola Italia secara umum – kita harus fokus untuk memperpendek jarak. Saya pikir sistem kita telah tertinggal dari klub-klub Spanyol dan Jerman terutama dalam beberapa tahun terakhir: mereka telah melangkah jauh di depan kita dalam hal pendapatan. Kita harus menekankan pertumbuhan dan untuk tumbuh kita perlu permainan yang pernah kita miliki 15 tahun silam dalam hal hiburan, mampu menarik para fans dan mampu memastikan bahwa sepakbola di Italia adalah permainan paling indah di dunia. Kita mungkin mengalami sejumlah gangguan belakangan ini tapi kita harus kembali bangkit untuk juga fokus pada aspek lain ini."

Jadi, bagaimana jarak dengan tim-tim itu – seperti dua tim dari Manchester dan klub-klub Spanyol – bisa diperpendek? Mereka punya sumber penghasilan yang tak ada di Italia.

"Kita semua tahu bahwa di Italia ada tiga area utama yang bisa dimanfaatkan klub-klub untuk meningkatkan pemasukan mereka. Satu hal yang sayap pikir kita secara umum melakukannya dengan di Italia adalah hak TV, yang masih menjadi sumber pemasukan utama untuk semua tim Serie A. Ada beberapa tahun di mana kita melakukannya dengan lebih baik. Satu lagi adalah stadion. Saya tak ingin mengulang kisah yang sama tentang Juventus sebagai satu-satunya klub Italia yang mampu melengkapi diri dengan sebuah stadion modern, bernilai seni dan menghasilkan keuntungan di dalam dan luar lapangan – karena pada musim peresmian stadion itu mereka memenangi Scudetto - dan di luar lapangan, memberikan keuntungan finansial yang besar. Area lainnya adalah yang biasa disebut sebagai pemasaran, merchandising, licensing, sponsorship. Dan dalam urusan ini saya pikir teman-teman kita di Jerman bisa mengajari kita satu atau dua hal."

Apakah Inter cukup bagus untuk bersaing memperebutkan gelar, mengingat betapa kuatnya Juventus dan AC Milan?

"Berada di antara tim-tim top di Italia dan Eropa merupakan bagian dari sejarah Inter, jadi saya bisa bilang itu pertanyaan retorika. Tentu saja kita tak bisa mengharapkan skuad yang dimiliki pelatih pada 10 Juli untuk bisa sama dengan yang akan ia miliki pada 31 Agustus. Saya pikir secara umum semua klub berada pada fase awal di pertengahan Juli di mana skuadnya dalam kondisi berubah-ubah. Kami akan melakukan segalanya untuk memberikan sang pelatih skuad terbaik pada 31 Agustus."

Jadi mungkin akan lebih banyak pemain yang datang?

"Beberepa mungkin datang, beberapa mungkin pergi. Masih ada 45 hari sebelum akhir pasar transfer sehingga kesepakatan tengah berlangsung."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon Mencantumkan Nama... :)