Laman

Jumat, 16 November 2012

Stramaccioni Sebut Zanetti 'Bukan Manusia'

Getty Images

Milan - Dengan usia yang sudah 39 tahun, Javier Zanetti masih sanggup bermain di level tertinggi sepakbola. Akan hal tersebut, Andrea Stramaccioni, menyebut Zanetti seperti 'bukan manusia'.

Zanetti adalah ikon sekaligus legenda hidup Inter. Jika dihitung sejak musim pertamanya di Giuseppe Meazza, yakni 1995-1996, maka jumlah penampilan Zanetti sudah 814 kali, terbanyak dalam sejarah La Beneamata. Angka tersebut dipercaya masih terus bertambah mengingat ketahanan fisiknya yang tak seperti kebanyakan pemain lainnya.

Apa sebenarnya rahasia pemain berjuluk El Tractor itu? Selain latihan secara konstan, Stramaccioni menyebut semangat Zanetti-lah yang selama ini membuatnya tetap memiliki daya tahan fisik yang luar biasa.

"Zanetti bukan manusia, dia berada di luar (konsepsi) manusia. Dia selalu tiba pertama kali saat latihan dan pulang paling belakangan, kemudian ia berhenti untuk melakukan latihan preventif. Itulah rahasia kekuatannya untuk bermain setelah 20 tahun. Ia memperlakukan tiap laga seolah-olah itu adalah laga pertama dan terakhirnya di Inter," jelas Stramaccioni di Football Italia.

Lain Zanetti, lain pula Antonio Cassano di mata Stramaccioni. Bagi pelatih yang masih berusia 36 tahun itu--tiga tahun lebih muda dari Zanetti--, ada sebuah kemiripan antara dirinya dengan Cassano. Apa?

"Adapun Cassano, kami berbicara dengan bahasa (gaya) yang sama, yakni dari jalanan, sebuah tempat di mana anda bisa mendapatkan rasa hormat di depan rumah anda," katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon Mencantumkan Nama... :)